Selasa, 28 Oktober 2014

Upaya Melestarikan Budaya Bangsa Indonesia



        Kesadaran generasi muda yang kurang akan pentingnya budaya. Untuk mempertahankan budaya memang sangat dibutuhkan kesadaran yang kuat. Tidak hanya mengakui tetapi harus ikut serta dalam pelestarian budaya. Dari kesadaran itulah akan muncul upaya-upaya menjaga, melindungi budaya asli daerah sehingga akan tetap utuh. Sehingga, tidak mungkin akan diakui negara lain. Pemerintah kurang perhatian pada budaya nasional. Buktinya, salah satu kesenian dari Jawa Timur yaitu Reog Ponorogo sempat menjadi perdebatan kepemilikan dengan pihak Malaysia. Padahal dari namanya saja sudah jelas bahwa itu milik Indonesia. Sebenarnya hal itu bisa disiasati dengan mendaftarkan hak cipta budaya. Supaya dunia internasional mengakui atas kememilikan budaya Indonesia. Kemudian, kurangnya sarana untuk menampilkan budaya asli Indonesia kepada masyarakat luas. Ini bukan masalah yang kecil, melainkan masalah yang menyangkut ciri khas bangsa kita harus segera diatasi, agar tidak ada lagi budaya kita yang diambil pihak luar. Hal ini tampak dengan upaya untuk melindungi, memperbaiki dan mengembalikan budaya bangsa Indonesia yang hampir punah karena masuknya budaya asing di Indonesia.
Ada cara untuk mempertahankan dan melestarikan budaya kita. Yaitu memanfaatkan teknologi informasi yang semakin berkembang pesat. Perkembangan teknologi informasi seperti internet, handphone, radio maupun televisi, merupakan sarana yang paling efektif dalam upaya pengenalan seluruh budaya Indonesia pada masyarakat luas khususnya pelajar. Sekaligus sebagai upaya mempertahankan budaya kita dari ancaman pengakuan budaya oleh negara lain.
            Tidak ada salahnya jika budaya Indonesia dikenalkan melalui internet. Sebuah hal yang nantinya menarik perhatian kaum muda untuk mempunyai rasa ingin tahu terhadap budaya sendiri. Kita bisa mengenal budaya-budaya Indonesia lewat internet. Dengan adanya internet, berarti terbuka satu langkah untuk mempertahankan budaya Indonesia. Tentunya harus ada tindak lanjut dari pemerintah. Pemerintah harus segera menggencarkan sosialisasi budaya melalui internet. Bisa dilakukan dengan cara membuat alamat khusus untuk mengupas budaya yang ada di Indonesia. Sehingga generasi muda Indonesia benar-benar mengetahui apa saja budaya yang dimiliki. Upaya lain yang dapat dilakukan agar budaya Indonesia tidak punah yaitu dengan cara menghargai karya anak bangsa. Dengan cara begitu kita dapat menjaga kelestarian budaya kita tanpa mengabaikannya
                Selain itu otonomi daerah memberikan keleluasaan daerah untuk mengembangkan budaya daerahnya. juga dengan di keluarkan Undang - Undang tentang desa 2014 ini juga membantu masyarakat adat yang dalam hal ini di akuinya tentang hukumnya dan keberadaannya. Upaya pemerintah telah menunjukkan keberadaaannya. upaya dari masyarkat adalah hal yang sangat utama karena budaya terlahir dan berkembang dalam masyarakat itu sendiri.

2 komentar :